Salah satu dari beberapa Kompetensi Keahlian yang ada pada SMKN2 Jember adalah Teknik Kendaraan Ringan (TKR) merupakan Program Keahlian Teknik Otomotif. SMKN2 Jember merupakan Sekolah yang menjadi binaan AUTO 200 Jember Pada Kompetensi keahlian ini peserta didik akan dibekali dengan berbagi macam kompetensi . Tentunya kami dari SMKN2 jember untuk mendukung semua prosese pembelajaran menyediakan peralatan , bahan dan media praktek yang mengikuti teknologi terkini.

Pada Teknik Kendaraan Ringan peserta dididk akan dibekali dengan beberapa materi pembelajaran yaitu Gambar Teknik Otomotif,Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif dan Teknologi Dasar Otomotif ini merupakan materi materi dasar bagi peserta didik.

Materi pokok yang akan di berikan peserta didik untuk bidang keahliannya peserta didik akan diberiakan materi:

  1. Pemeliharaan Mesin Kendraan Ringan
  2. Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan
  3. Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan
  4. Kewirausahaan

 

Selam proses pembelajaran 3 Tahun peserta didik akan di bekali ilmu baik secara teori dan praktek dengan kompetensi di atas .Juga peserta didik di mgang kan di industry (PKL ) di Dunia Usaha dan Indudtri Selama 6 Bulan . Kami SMKN2 Jember di Bina oleh industry Nasional dan Internasional diantarannya.Toyota AUTO 2000 -Jember,Mitisubishi Mayangsari -Jember, Honda Istan,Suzuki UMC- Jember,Nisan – Jember. Daihatsu Asco- Jember, Hyundai –Jember, Wuling –Jember.

Prospek Tamatan /Lulusan

SMKN2 Jember untuk Bidang Kompetensi Teknik Kendaraan Ringan Selama proses pembelajaran yang pada prisnsipnya kami mendidik peserta didik yang mampu untuk meperbaikan dan merawat kendraaan ringan .dan juga mampu untuk mandiri dan berwira usaha terutama dibidang jasa otomotif. Dengan demikian ikut membatu menciptakan lapangan kerja. Pada SMKN2 Jember terdapat Bursa Kerja Khusus sehingga alumi dari peserta didik kami Teknik Kendaraan Ringan banyak terserap pada dunia inustri baik otomotif ,kontruksi,tambang dan lain-lainnya. Selain itu juga banyak dari siswa kami yang melanjutkan kebeberap a Perguruan Tinggi Negeri dan Politeknik Manufactur Astra Jakarta . Beberapa alumi juga bekerja pada bidang Pemerintahan maupun BUMN