Mekatronika adalah teknologi atau rekayasa yang menggabungkan teknologi tentang mesin, elektronika, dan informatika (komputer) untuk merancang, memproduksi, mengoperasikan dan memelihara sistem dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk atau mesin otomatis yang cerdas dengan kinerja yang optimum. Setiap lulusan Teknik Mekatronika dibekali kemampuan memahami, merancang, membuat dan memelihara sistem otomasi industri sehingga dapat berperan aktif dan handal dalam setiap kegiatan perencanaan, proses produksi, pengembangan kualitas output dan pemeliharaan hasil-hasil produksi.
Mekatronika merupakan interdisiplin ilmu yang dapat digambarkan secara grafis sebagai berikut

Jurusan Mekatronika, Jurusan Pilihan Untuk Masa Depan Cemerlang.

Berbicara mengenai jurusan teknik, tentu kita sudah familiar dengan jurusan Teknik Sipil, Elektro, Informatika, atau Teknik Mesin, tetapi untuk jurusan Teknik Mekatronika, mungkin masih asing di beberapa telinga kita.
Ilmu Teknik Mekatronika adalah penggabungan ilmu mesin Mekanik dan Elektronika yang dihubungkan dengan Teknologi Informatika. Bidang ilmu ini berasal dari Jepang dan dicetuskan oleh perusahaan Yasakawa. Pada awalnya, ilmu ini dikhususkan pada bidang Feikwerktechnik, yaitu cabang yang mengutamakan ketelitian seperti pada peralatan optik. Seiring berkembangnya zaman, ilmu ini diperluas untuk mesin-mesin yang lebih kompleks dan modern terutama pada dunia informatika.
Aplikasi Mesin Teknik Mekatronika sendiri bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari seperti pada mesin fotokopi, pintu otomatis, anti-lock breaking system, dan sebagainya. Pada bidang industri, para insinyur Teknik Mekatronika mengembangkannya ke dalam mesin-mesin yang terintegrasi untuk mengolah suatu produk dari bahan mentah menjadi barang jadi.

 

Sistem dan perangkat utama pada Teknik Mekatronika terdiri dari beberapa komponen penting seperti:
Sistem kontrol (Signal and system)
• Sensor dan aktuator (sensor and actuators)
• Konsep mekanikal (physical system modeling)
• Perangkat lunak dan akusisi data (software and data acquisition)
• Komputer dan sistem logika (computer and logic system)

Mengapa harus sekolah Jurusan Mekatronika di SMKN 2 Jember?

Belajar mekatronika di SMKN 2 Jember sama dengan mempersiapkan diri menjadi Teknisi teknik yang andal. Jurusan Mekatronika di SMKN 2 Jember memadukan teori dan praktek, serta didukung oleh para Guru kompeten yang sudah ahli dalam bidangnya.
Siswa akan belajar bagaimana cara mengaplikasi konsep Teknik Mekatronika pada lingkungan kerja dan di kehidupan nyata nantinya. Bahkan para Siswa SMKN 2 Jember terutama Jurusan Mekatronika, bisa menerapkan ilmunya untuk membuat sebuah mesin baru dan menjadi seorang wirausahawan dengan bermodalkan pengetahuan yang didapat selama bersekolah.

Apa Yang Dipelajari Pada Jurusan Mekatronika di SMKN 2 Jember?

Teknologi Informatika dewasa ini sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Untuk itulah Teknik Mekatronika dihadirkan ke dalam salah satu jurusan di SMKN 2 Jember untuk menjawab tantangan zaman yang semakin hari semakin canggih ini.
Selain mempelajari tentang robotic dan otomasi industri, bagaimana sebuah mesin dapat berjalan sesuai perintah melalui serangkaian program yang diintegrasikan, Siswa Jurusan Teknik Mekatronika di SMKN 2 Jember juga mempelajari ilmu-ilmu turunan baru seperti sistem mikro-kontroler, mikroprosesor, gambar teknik, dan banyak lagi.

Peluang Kerja Jurusan Mekatronika

Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, Jurusan Teknik Mekatronika menjawab tantangan kebutuhan industri pada perkembangan zaman saat ini. Lulusannya dipersiapkan untuk menjadi teknisi atau ahli dalam pembuatan mesin-mesin industri, gedung perkantoran, sistem pengolahan tambang, dan sebagainya.
Dengan belajar di SMKN 2 Jember yang merupakan salah satu sekolah terbaik di indonesia, para lulusannya tentu dicari-cari oleh para pelaku industri. Terlebih SMKN 2 Jember memiliki hubungan kerjasama dengan industri terbaik di indonesia
Jadi, tidak perlu ragu dan khawatir untuk memilih Jurusan Mekatronika  di SMKN 2 Jember. Selain dibina oleh para guru yang andal dan ahli di bidangnya, para lulusan Jurusan Mekatronika pun akan digandrungi oleh berbagai perusahaan dengan beragam latar belakang industri seperti transportasi, komputer dan teknologi informasi, manufaktur, tambang dan yang lainnya.

Kompetensi Keahlian Teknik Mekatronika :

Kompetensi lulusan Keahlian Teknik Mekatronika ini dirumuskan berdasarkan tujuan pendidikan dengan memperhatikan keinginan masyarakat profesi serta pengguna lulusan, baik secara nasional ataupun internasional, yang secara umum dijabarkan sebagai berikut:
1. Memiliki sikap dan pribadi warga negara Indonesia yang jujur dan bertanggung jawab serta berjiwa entrepreneur  yang mampu bekerja dalam suatu team work.
2. Menguasai dasar keilmuan yang kuat pada bidang mesin, elektronika, dan pemprograman komputer serta mensinergikannya menjadi dasar keilmuan mekatronika dalam proses produksi, operasi dan pemeliharaan.
3. Menguasai teknik menggambar menggunakan CAD/CAM
4. Menguasai sistem otomasi industri
5. Mampu merancang, memasang, dan merawat sistem robotika industri baik dalam teknik produksi ataupun proses manufaktur.
6. Siap berkembang, dapat meningkatkan keterampilan di lapangan pekerjaan mempunyai bekal memadai untuk terus memperbaharui ilmu pengertahuan dan keterampilannya.
7. Memiliki Soft Skill  yang diperlukan dalam menjalankan profesi sebagai tenaga ahli madya di bidang mekatronika

PROFIL LULUSAN TEKNIK MEKATRONIKA

PENGELOLA/PENGAWAS/PELAKSANA PROYEK (PROJECT MANAGER/ SUPERVISOR/ ENGINERING)

Tamatan yang mampu dan terampil dalam merancang-mengkaji-menganalisa sistem Mekatronika (mekanik-elektronik-kendali/komputer) untuk proses produksi/ manufaktur/ industri/ otomasi-robotika, sesuai dengan kaidah-etika keilmuan, regulasi, keselamatan dan kesehatan kerja, serta berwawasan lingkungan;mampu melakukan instalasi-pengujian-kalibrasi-analisa terhadap peralatan/instrumen suatu sistem  sesuai dengan standar nasional/internasional, mampu melakukan komisioning, dan terampil berkomunikasi secara profesional serta membuat laporan akurat dan sahih;mampu berinovasi dan bekerjasama dalam menyelesaikan permasalahan di sistem mekanik-elektronik-kendali/komputer, serta terampil menggunakan perangkat Computer Aided Design (CAD), perangkat simulasi dan engineering tools lain di bidang rekayasa Mekatronika

KONSULTAN / PENDESAIN / PENGEMBANG PROYEK (PROJECT CONSULTANT / DESIGNER / DEVELOPER)

Tamatan yang mampu mengelola proyek di bidang manufaktur/industri/otomasi-robotika, melakukan supervisi terhadap pekerjaan yang ditugaskan/kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, mampu mengambil keputusan tentang permasalahan sistem rekayasa secara tepat, rasional, dan profesional berbasis keilmuan rekayasa Mekatronika (mekanik-elektronik-kendali/komputer), dengan mengedepankan kepedulian terhadap lingkungan, sosial, dan budaya;mampu mengoperasikan peralatan manufaktur dan otomasi industri berbasis: Pneumatik, Elektrik, Programmable Logic Controller (PLC-DCS-SCADA), serta Internet of Things (IoT), terampil melakukan perencanaan perawatan, perawatan, dan pemeliharaan sistem produksi/manufaktur/industri/otomasi-robotika, mampu menganalisa, mengolah dan menyajikan laporan hasil/proses secara saintifik dan terstruktur.

WIRAUSAHA DI BIDANG TEKNOLOGI (TECHNOPRENER, INIATOR, COOPERATOR)

Tamatan mampu berperan sebagai pelaku usaha dan jasa pada bidang perancangan dan pembuatan produk/peralatan/sistem otomasi-robotika, dengan menerapkan prinsip bisnis yang amanah dan beretika; mampu menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan dan Standar Nasional Indonesia (SNI), dan siap beradaptasi dengan kemajuan teknologi, berkepribadian mantap, mandiri, serta mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Melihat Praktikum Di MEKATRONIKA

Belajar Pemrograman Mikroprosessor dan Mikrokontroller

Praktikum Program Aplikasi CAD/CAM

Praktikum System Otomasi menggunakan Pneumatik dan Hidrolik

Praktikum Programable Logic Control / PLC