Konstruksi dan properti adalah dua hal yang beriringan. Properti seperti rumah, kantor, mall, atau bangunan pencakar langit dibangun oleh perusahaan konstruksi. Bisnis konstruksi dan properti di Indonesia jelas merupakan bidang kerja yang sangat menjanjikan.

Secara umum Bisnis Konstruksi dan Properti atau biasa disingkat BKP mempelajari ilmu tentang konstruksi bangunan, pengukuran tanah, rancangan anggaran biaya (RAB) konstruksi bangunan, laporan pelaksaan konstruksi bangunan, perencanaan bisnis konstruksi dan properti, pelaksanaan dan pengawasan konstruksi, dll.

Prospek Kerja Program Keahlian Bisnis Konstruksi Dan Properti

DRAFTER : drafter bertugas membuat gambar bangunan baik itu gambar bangunan, gambar pelaksanaan / shop drawing atau gambar asbuilt drawing.

QUANTITY SURVEYOR : bertugas menghitung volume item pekerjaan bangunan, jumlah material dan tenaga kerja yang dibutuhkan.

PELAKSANA LAPANGAN : bertugas memanajemen pekerjaan pembangunan agar sesuai dengan batasan waktu yang ditargetkan, mengontrol kualitas pekerjaan, serta mengarahkan mandor atau tukang bangunan.

QUALITY QONTROL : bertugas mengontrol kualitas pekerjaan proyek.

PENGENDALIAN PROYEK : menghitung rencana anggaran biaya bangunan, rencana anggaran biaya pelaksanaan pada setiap pekerjaan bangunan dan memikirkan bagaimana sebuah pekerjaan bangunan memberikan keuntungan yang maksimal.

SURVEYOR LAPANGAN : Melaksanakan Pengukuran, pemetaan pada suatu kawasan atau wilayah.

LOGISTIK KONSTRUKSI : bertugas menjamin ketersediaan material pada proyek bangunan.

KONSULTAN PERENCANA : membuat desain bangunan dan menawarkan jasa konsultasi.

KONTRAKTOR / PEMBORONG : melakukan kontrak kerja kepada pemilik bangunan agar mempercayakan pelaksanaan pembangunanya. Dll.

OPERATOR ALAT BERAT : Sebagai operator alat berat Bangunan pada Proyek konstruksi dan lainnya.