Penerapan Program Green Building untuk Siswa SMKN 2 Jember

Perkembangan dunia yang begitu cepat, harus diimbangi pula oleh sumber daya manusia yang begitu intens. Hal ini juga terjadi pada dunia Pendidikan, khususnya SMK yang memiliki banyak dinamika untuk diadaptasi. Sejalan dengan itu, program keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti berkesempatan untuk mengembangkan bidang kejuruan sesuai tuntutan zaman.
Kesempatan itu diperoleh dari Green Integrated Project (GIP) melalui Konsorsium SMK yang digagas dan dilaksanakan oleh Universitas Widya Kartika (UWIKA) Surabaya. Dalam hal ini, SMKN 2 Jember mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan kurikulum berbasis Building Information Modeling (BIM) yang mengkhususkan diri pada Green Building. Hebatnya lagi, program ini menyasar seluruh elemen yang terkait dengan pembelajaran di Teknologi Konstruksi dan Properti. Yaitu melibatkan guru kejuruan dan guru umum yang mengarahkan pembelajarannya ke konteks kejuruan.
Penerapan dan pendalaman tentang materi Green Building dilaksanakan tanggal 25-26 September 2021 di Laboratorium Simulasi Digital yang diikuti oleh seluruh guru produktif dan guru umum yang mengajar di Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti. Pelatihan selama dua hari diawali dengan pemaparan tentang konsep rumah ramah lingkungan dan dilanjutkan diklat teknis tentang perencanaan hunian yang menggunakan software berbasis BIM yaitu Autodesk Revit. Hasilnya sangat mengejutkan bahwa seluruh peserta diklat sangat antusias terhadap perencanaan menggunakan pendekatan BIM. Termasuk guru adaptif dan normatif yang sangat tercerahkan tentang penggunaan software berbasis BIM.
Harapannya, terjadinya pemahaman yang sama antara guru produktif, adaptif, dan normatif untuk memajukan Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti. Dan pastinya harus bermuara pada peserta didik untuk mendapatkan Pendidikan yang lebih baik. Semoga!

Oleh : Sayyid Muhamad Alwi
Kaprogli Teknologi Konstruksi dan Properti